Follow Us:

Tak Hanya Promo, Isra Festival Tawarkan Destinasi Halal Menarik untuk Jamaah Umroh

Memasuki hari kedua penyelenggaraan pameran destinasi wisata halal dan religi, Isra Festival 2022  berlangsung cukup ramai di Jakarta Convention Center (JCC). Menampilkan sekitar 109 booth di area seluas 3000 m2, pengunjung antusias dengan sejumlah tawaran promo, khususnya dari sejumlah agen perjalanan wisata umroh dan haji. Mulai dari diskon dan uang muka ringan di kisaran Rp 3-4 juta selama transaksi di pameran yang akan berlangsung sampai Minggu, 25 Desember 2022.

Seperti Marco Tour & Travel Umrah Hajj diantaranya menawarkan promo diskon Rp500 ribu per pack. Perjalanan umrah tak hanya singgah di Jeddah, Mekkah dan Madinah tapi juga bonus ke Thaif, jamaah bisa mencoba naik cable car  (kereta gantung) dan bonus kereta cepat Haramain Highspeed Railway (HHR).  Hampir rata-rata penyelenggara perjalanan umrah dari haji peserta Isra Festival menawarkan added value bonus perjalanan ke Thaif dan naik kereta cepat.

Namun ada juga yang menggaungkan promo haji furoda. Sebut saja Wafdullah Travel Umrah & Haji,  menawarkan Program Haji Furoda 26 hari memberikan diskon selama tiga hari pameran dengan besaran diskon hingga USD 3000 dari harga USD 25000 menjadi USD 22000 (all in) untuk keberangkatan 30 Dhulqodah 1444.

Untuk segmen haji furoda, Marco Tour & Travel tahun ini berhasil membawa 100% jamaah haji furoda sebanyak 119 orang.

Adapula seperti Madina Iman Wisata  yang menawarkan Paket Umrah Bersama Ustadz Syam El Marusy dengan kisaran biaya umrah mulai Rp27 juta.  Travel umrah haji ini menawarkan Umrah Ramadhan dengan kisaran harga mulai Rp 33 juta (produk silver) hingga Rp51 jutaan, dengan keberangkatan di tanggal 23 Maret 2023.

Ada juga seperti Tibi Tours yang menawarkan produk umrah dan haji eksekutif, juga menyediakan service yang terkait dengan kegiatan haji dan umrah juga melayani perjalanan outbound & inbound dengan mengusung tema Destinasi Halal.

Lain lagi strategi  Kotapiring Tour & Travel yang membidik pasar kelas atas dengan menawarkan Program  Haji Furoda VVIP menggunakan transportasi private jet, eksklusif hanya untuk 10 pax dengan harga kurang lebih setara dengan  Rp1,5 milyar. Selain itu, Kotapiring juga menawarkan Paket Umrah Private 9 Hari 1444H dengan layanan yang lebih personalized, jamaah bisa berangkat dalam jumlah sedikit dengan  itinenary yang disesuaikan dengan kebutuhan jamaah. Untuk paket private ini, Kotapiring menjual dengan harga mulai 36,7 juta hingga Rp50 jutaan per pax.

Selama tiga hari pameran, pengunjung juga berkesempatan mendapatkan hadiah umroh. Penawaran spesial ini diberikan oleh Bursa Sajadah. Khusus untuk pengunjung yang berbelanja di booth senilai minimal Rp 100 ribu berhak mendapatkan 1 kupon undian grand prize umroh. Selain memberikan hadiah gratis umroh, Bursa Sajadah juga membagikan souvenir sajadah bagi setiap pengunjung yang berbelanja di boothnya tanpa minimal pembelian.

Gairah promo juga ditawarkan oleh Garuda Indonesia, khusus untuk pembelian tiket keberangkatan umroh sebanyak  45 seat mendapatkan gratis satu seat. Tentu saja ini menjadi peluang bagi perusahaan agensi travel umroh untuk memanfaatkan penawaran tersebut. Ubay berharap, bisa memperoleh sebanyak 5000 tiket selama pameran berlangsung.

Vice President Umrah, Hajj & Charter Business PT Garuda Indonesia Tbk, Ubay Ihsandi  mengatakan, Garuda Indonesia tahun 2023 juga akan menambah layanan penerbangan dari 3 kali menjadi 5 kali tanpa transit di Bandara Soekarno Hatta, baik dari Subaraya, Ujung Pandang, dan Kertajati (Jawa Barat).

“Dengan penambahan frekuensi penerbangan, kami berharap tidak ada kenaikan harga yang cukup signifikan karena faktor penentunya seperti harga fuel , kurs nilai tukar di Arab Saudi maupun di Indonesia. Mudah-mudahan kita bisa push lakukan efisiensi sehingga seat bisa lebih banyak terjual dan harga jual bisa lebih kompetitif,” tutur Ubay Ihsandi.

VP Sales & Marketing General Sales Agent Saudia, Herry Setiawan, mengapresiasi ajang Isra Festival ini, karena sangat potensial bagi ritel-ritel agent untuk menawarkan produk-produk terbaiknya.

”Saya appreciate cara Himpuh membuat pameran ini. Meski saat ini sudah ada nusuk, dan berbagai kelonggaran kebijakan umroh dari Saudi yang lebih B to C, namun saya melihat, pasar umroh Indonesia masih didominasi segmen grub sekitar 70 %. Ini pasar yang potensial digarap penyelenggara umrah,”terang Herry.

Ketua Umum Himpuh Budi Darmawan menambahkan, tipikal jamaah Indonesia, terutama di daerah dan lansia, lebih nyaman pergi secara rombongan yang notabene membutuhkan jasa penyelenggara haji dan umrah yang terpercaya untuk melayani segala kebutuhan ibadah mereka.

Kendati, pemerintah masih memberikan kewenangan penuh untuk Penyelenggara Ibadah Umroh (PPIU) dan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) mengelola umroh (UU nomoer 8 tahun 2019),  Budi Darmawan menghimbau,  pelaku usaha tetap harus proaktif beradaptasi dan kreatif membangun jaringan (networking) dengan industri terkait di Saudi.

Budi mengakui, kebijakan Saudi berdampak pada pasar yang makin cair dan dinamis, dinamika, pelaku bisnis harus siap menghadapi risiko kondisi supply demand di sana. Seperti saat ini saja, ada kenaikan harga yang begitu signifikan yang berkaitan dengan akomodasi di Saudi Arabia, baik di Mekkah maupun Madinah. Dulu, terkait adanya perubahan di lapangan, kita masih bisa bernegosiasi dengan negara-negara di Asia Tenggara, tapi sekarang kita diberi kebebasan oleh pemerintah Arab Saudi untuk mencari mahtab yang terbaik bagi jamaah dari Indonesia.

Informasi Isra Festival bisa dilihat di IG @israfestival, http://www.israfestival.com
Kordinator media Isra Festival 2022 : Kartina Ika Sari (081310976735)
Email : [email protected]

Tentang Penyelenggara : 

PT Traya Eksibisi Internasional (Traya Events) berdiri pada tahun 2015 adalah bagian dari PT Amara Pameran Internasional, yang memiliki 5 anak perusahaan penyelenggara pameran dengan fokus masing masing pada industri spesifik yang berbeda.

Sebagai salah satu penyelenggara pameran terkemuka di Indonesia, PT Amara Pameran Internasional sukses mendebut event- event besar di tanah air, diantaranya GIIAS (Gaikindo Indonesia International Autos Show), Indocomtech, IDEC dan sebagainya

Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji (HIMPUH) adalah organisasi berbadan hukum yang menghimpun sejumlah Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) dan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) yang telah memiliki izin resmi dari Kementerian Agama Republik Indonesia. HIMPUH lahir pada tanggal 29 Oktober 2009, bertepatan dengan terbitnya Akte Perubahan (dari nama AMPHURI menjadi HIMPUH) yang dibuat dihadapan Notaris Kenny Dewi Kaniawati, Sarjana Hukum. Sampai saat ini HIMPUH memiliki sebanyak 382 anggota yang tersebar  di 32 provinsi di Indonesia.

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Contact Info

© 2022 Presented by Traya & Himpuh